Tuesday, April 28, 2009

Mutasi dan Promosi PNS Kab. Cirebon Sarat KKN?

PEMKAB Cirebon telah melakukan mutasi dan promosi besar-besaran dalam rangka penyesuaian PP 41 Tahun 2007. Berdasarkan pengamatan saya terhadap basis data (database) PNS dari BKD Kab. Cirebon beberapa hari lalu, dapat disimpulkan bahwa mutasi dan promosi tersebut disinyalir sangat sarat KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).

Dalam manajemen sumber daya manusia yang saya pelajari, menangani PNS ada basis data yang dikenal dengan DUK (daftar urut kepangkatan, bukan daftar urut kedekatan atau daftar urut keduitan, atau juga bukan daftar urut ke... yang lainnya). Data itu antara lain menyangkut kepangkatan, jabatan, masa kerja, pendidikan formal, pendidikan penjenjangan seorang PNS yang diurutkan dari mulai yang tertinggi sampai terendah di suatu instansi atau lembaga di mana PNS bekerja.

Setiap melakukan mutasi dan promosi di kalangan PNS seharusnya berdasarkan data itu dan tidak akan lepas dari data itu. Dengan demikian, diperoleh rasa keadilan bagi semua PNS yang ada, di samping ada juga catatan lain tentang perilaku tidak tercela, misalnya.

Seseorang yang daftar urut kepangkatannya lebih tinggi seyogianya mendapat prioritas promosi terlebih dahulu sepanjang yang bersangkutan tidak mendapat catatan tercela atau dalam periode hukuman tertentu. Tetapi nyatanya mutasi dan promosi tersebut disinyalir mengesampingkan data-data dimaksud. Buktinya saya lihat masih ada PNS golongan IV/b, pendidikan formal S-2, sudah pendidikan penjenjangan tingkat II (spamen), tapi masih menduduki jabatan eselon III sampai lebih dari 10 tahun. Begitu juga ada PNS golongan IV/a, pendidikan S-1 bahkan ada yang S-2, sudah mengikuti pendidikan penjenjangan tingkat III (spama) tapi masih menduduki jabatan eselon IV. Juga ada PNS golongan III/c sudah pendidikan penjenjangan tingkat IV (adum) tapi masih jadi pelaksana.

Sementara ada PNS golonan IV/a, tapi sudah menduduki jabatan eselon II (setingkat kepala dinas atau badan), dan ada PNS golongan III/d bahkan III/c, tapi sudah menduduki jabatan eselon III (setingkat kasubdin/kabid atau camat). Ini salah satu bukti adanya indikasi KKN, dan manajemen kepegawaian yang amburadul.

Sesungguhnya mutasi dan promosi PNS adalah hak prerogatif bupati atau tim penentu jabatan/kepangkatan. Tetapi bukan berarti sekehendaknya atau seenaknya berdasarkan kekuasaan yang ada, melainkan harus didukung data dan fakta yang lengkap dan konkret seperti tersebut di atas. Sepertinya tidak cukup dengan ungkapan bahwa "mutasi adalah biasa", atau "promosi adalah kepercayaan". Karena kata-kata itu secara ilmiah agak sulit dijadikan dasar untuk mengukur indikator/tolok ukurnya, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan secara akademik untuk menentukan promosi seorang PNS. Bahkan, kata-kata itu kelihatannya sengaja dipergunakan sebagai "senjata" untuk mengelabui atau menyamarkan alias mengamblangkan untuk mempromosikan seorang PNS yang melalui "jalur belakang" alias KKN. Kalau ini yang dikedepankan saya berkeyakinan karier seorang PNS itu menjadi kabur alias tidak menentu.

Ketidakjelasan karier PNS akan membuat para PNS merasa apatis, dan akan menjadi sumber menjalarnya praktik KKN. Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan pembangunan masyarakat di Kabupaten Cirebon.

Begitu juga kepada tim advokasi pembentukan provinsi wilayah timur Cirebon mohon agar lebih mengintensifkan tugas-tugasnya.
( di ambil dari http://www.pikiran-rakyat.com )

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bunga Kristal

Namanya Bunga Kristal, Cantik, indah juga mahal..bukan bunga murahan, bukan bunga di tepi jalan, bukan bunga liar.
Tidak semua orang bisa menyentuhnya, apalagi memilikinya..
Sayangnya..ia mudah pecah jika terjatuh. ia yang selalu terpekur di dalam Vas keramik yang keras. Hanya bisa mengintip dunia dari lubang kunci, seraya berteriak dalam hati ," Aku ingin bebas memilih bahagiaku..."
Suatu ketika ia melihat bunga rumput di antara ilalang, lincah bebas, tegar, kuat, tidak takut terjatuh & kotor.. Tawanya lucu tatapan matanya nakal. ia menarik sangat menawan indah..Meski tanpa vas keramik.
Itu yang membuat Bunga kristal jatuh hati. Hati mereka terpaut, meski terbatasi vas keramik. Bunga rumput mengajarinya tentang Angin, tentang Hujan, petir, matahari, bulan, tentang apapun..juga tentang langit yang tidak selalu berwarna biru segar..
Pagi Itu Bunga kristal menggeliat hebat, mengambil nafas panjang dan mendorong tubuhnya sekuat tenaga.. dan oh..! vas keramik itu berguling terjatuh menghantam tanah..hancur.. bunga kristal tersungkur melihat sekujur tubuhnya yang retak seraya memunguti pecahan daunnya yang terserak, ia berdiri dan berjalan meninggalkan vas keramik yang angkuh. lalu menghempaskan badannya di antara ilalang. Memandan Bunga Rumput yang berdiri di depannya. Matanya mengerling manja & nakal, namun bersahaja, kristal mendekat mendekap erat bunga rumput dan mendekatkan bibirnya tepat di telinga bunga rumput..lalu berbisik.. " ajari aku tentang hidup...aku memilih mu Sayang.."

bunga kristal
12:31 WIB
14 agustus 2009



Wajah

Wahai manusia-manusia dengan wajah rupawan, masihkah kau merasa bangga dengan apa yang kau miliki sekarang? Tidakkah kau sadar bahwa kecantikan dan ketampananmu itu hanya beberapa milimeter dari tulang belulangmu?! dan dalam hitungan detik, Dia bisa mengambil keindahanmu,menjadikanmu buruk rupa slamanya. Wahai manusia-manusia angkuh, para hartawan dan kuasawan, apa yang bisa kau banggakan dari secuil nikmat yang dititipkan kepadamu?! Bila tanpaNya kau hanya sebuah raga tak bernyawa, apakah masih pantas dirimu disebut HEBAT?! http://dunia-cita.blogspot.com/