Thursday, February 16, 2012

Respon Anda Terhadap Stress

Kita perlu mengetahui bagaimana stress dapat mempengaruhi badan dan pikiran kita, dan anda juga perlu mengetahui kapan stress yang anda hadapi dapat merusak pikiran anda, karena disaat Anda stress, ada unsur kimiawi yang muncul di dalam diri Anda yang membuat anda berubah. Efek yang dapat langsung muncul adalah keringat yang berlebih, dan detak jantung yang tidak seperti biasa atau detak yang lebih cepat. Anda mungkin akan merasa terjaga dan siap untuk bertindak. Anda akan bernafas lebih cepat. Dan mungkin akan ada perasaan geli pada kaki dan tangan Anda. Anda mungkin akan merasa mual, merasakan perut Anda tidak nyaman dan merasa perlu pergi ke kamar mandi.
Segala perasaan ini akan mempengaruhi emosional kita. Anda juga akan menyadari segala perubahan saat Anda merasa tegang – marah, cemas, takut, atau semangat. Badan Anda merespon terhadap segala emosi ini dan menyiapkan Anda untuk hal-hal yang anda takutkan untuk terjadi, bahkan meskipun hal-hal yang anda takutkan itu tidak pernah terjadi, tapi pikiran-pikiran buruk tersebut dapat menggangu hidup anda.
Stress fisik dan emosional dapat menciptakan respon yang sama pada badan Anda.
Badan akan mencoba beradaptasi dengan stress dengan melepaskan lebih banyak hormon untuk mengatur pertahanan badan Anda pada tingkat yang lebih tinggi. Tapi ini tidak dapat terus berlangsung, cepat atau lambat akan berakhir pada kelelahan. Badan dan pikiran anda akan menyerah.
Stress berat yang terus-menerus berlangsung dapat berpengaruh terhadap sistem daya tahan tubuh anda, mebuat Anda lebih mudah terinfeksi. Apakah Anda menyadari bahwa saat Anda merasa rileks dan bahagia Anda cenderung tidak sakit, tidak seperti saat Anda merasa tegang dan kahwatir, dan stres juga mengganggu kadar gula darah anda. Hormon stres utama, adrenalin, melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Insulin biasanya kemudian mengatur gula darah lagi, tetapi jika hal ini terjadi terus menerus dalam jangka panjang dapat menyebabkan rasa lelah dan keinginan untuk mengkonsumsi stimulan seperti permen dan kopi. Anda mungkin juga akan merasakan dorongan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan energi Anda. Masalahnya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkalori tinggi energy anda akan terangkat sebentar lalu akan di ikuti dengan jatuhnya energy ini, dan akhirnya ini yang membuat anda mencari cara untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkalori tinggi lainya. Hal ini dapat menyebabkan lingkaran setan yang menyebabkan kelelahan, makan berlebihan, berat badan naik dan perubahan suasana hati yang berubah-ubah. Pengaruh stres pada berat badan akan berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang menurunkan berat badan saat mereka stres dan beberapa orang lainya mengkonsumsi makan yang berlebihan dan membuat berat badan mereka menjadi bertambah ketika mereka bahagia, Sejauh ini kita telah berfokus pada tubuh, bukan pikiran, tapi jangan lupa stres juga dapat munucul dalam bentuk seperti kecemasan abnormal yang merusak kualitas hidup dan mengganggu kualitas tidur kita, Insomnia adalah gejala umum dari stres dan Stres juga terkait dengan perubahan suasana hati, impulsif, perilaku tak terduga, kurang konsentrasi, rendah diri dan depresi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bunga Kristal

Namanya Bunga Kristal, Cantik, indah juga mahal..bukan bunga murahan, bukan bunga di tepi jalan, bukan bunga liar.
Tidak semua orang bisa menyentuhnya, apalagi memilikinya..
Sayangnya..ia mudah pecah jika terjatuh. ia yang selalu terpekur di dalam Vas keramik yang keras. Hanya bisa mengintip dunia dari lubang kunci, seraya berteriak dalam hati ," Aku ingin bebas memilih bahagiaku..."
Suatu ketika ia melihat bunga rumput di antara ilalang, lincah bebas, tegar, kuat, tidak takut terjatuh & kotor.. Tawanya lucu tatapan matanya nakal. ia menarik sangat menawan indah..Meski tanpa vas keramik.
Itu yang membuat Bunga kristal jatuh hati. Hati mereka terpaut, meski terbatasi vas keramik. Bunga rumput mengajarinya tentang Angin, tentang Hujan, petir, matahari, bulan, tentang apapun..juga tentang langit yang tidak selalu berwarna biru segar..
Pagi Itu Bunga kristal menggeliat hebat, mengambil nafas panjang dan mendorong tubuhnya sekuat tenaga.. dan oh..! vas keramik itu berguling terjatuh menghantam tanah..hancur.. bunga kristal tersungkur melihat sekujur tubuhnya yang retak seraya memunguti pecahan daunnya yang terserak, ia berdiri dan berjalan meninggalkan vas keramik yang angkuh. lalu menghempaskan badannya di antara ilalang. Memandan Bunga Rumput yang berdiri di depannya. Matanya mengerling manja & nakal, namun bersahaja, kristal mendekat mendekap erat bunga rumput dan mendekatkan bibirnya tepat di telinga bunga rumput..lalu berbisik.. " ajari aku tentang hidup...aku memilih mu Sayang.."

bunga kristal
12:31 WIB
14 agustus 2009



Wajah

Wahai manusia-manusia dengan wajah rupawan, masihkah kau merasa bangga dengan apa yang kau miliki sekarang? Tidakkah kau sadar bahwa kecantikan dan ketampananmu itu hanya beberapa milimeter dari tulang belulangmu?! dan dalam hitungan detik, Dia bisa mengambil keindahanmu,menjadikanmu buruk rupa slamanya. Wahai manusia-manusia angkuh, para hartawan dan kuasawan, apa yang bisa kau banggakan dari secuil nikmat yang dititipkan kepadamu?! Bila tanpaNya kau hanya sebuah raga tak bernyawa, apakah masih pantas dirimu disebut HEBAT?! http://dunia-cita.blogspot.com/